/design/business/personal/ideas/ /desain/arsitektur/ Blog of Raul Renanda www.renanda.com

Friday, February 24, 2006

Design : What is the design character of a car?


Top Gear "wot car?" beberapa saat lalu saya mencoba buang waktu (menunggu ngantuk...) dengan bermain 'game' menebak jenis mobil apa...secara tidak sadar saya (at least sampai saat ini ) sudah 10 puzzles saya mainkan semuanya dapat menebak dengan benar dengan hanya membuka satu puzzle saja, ada kalanya sampai 3 box puzzle saja. Tetapi dari permainan ini saya semakin sadar bahwa "design character" dari sebuah mobil berada di desain lampu, saya mampu menebak langsung Mazda RX8, Mitsubishi Evo, Maybach, Porsche, Accord, Audi TT hanya dengan melihat sebagian dari lampu depannya...jadi saya bisa ambil kesimpulan, dalam mendesain mobil sebaiknya difokuskan pada desain lampu depan. Pertanyaan saya, bila anda sedang mendesain sesuatu, dapatkan anda mengetahui sisi/bagian mana dari desain tersebut yang mewakili karya anda? atau tahukan ada "worldview" dari prodak anda?

2 comments:

Anonymous said...

pernah perhatiin kalo kita lagi nyetir malem hari. Seringkali kita bisa tahu jenis mobil apa yang ada di belakang kita dari kaca spion.

Kalo bicara desain, sering kali kita suka kaget lihat hasil desain kita jaman dulu. Gue pikir hal itu kejadian juga sama arsitek top.

Relina Arfianta said...

is it only a man or a boy who can differentiate a car?

coz my male friends and off course my husband instantly know what car it is , and i still guessing.. hehe..

kl mobil yg punya karakter khas sih langsung ketauan dr bodynya, or some part of it
tp bbrp merk mobil ngeluarin model yg mirip2lah di kelasnya masing2. itu yg susah dibedain.. hahaa

or is it only me?