/design/business/personal/ideas/ /desain/arsitektur/ Blog of Raul Renanda www.renanda.com

Saturday, February 25, 2006

Business: Money Vs. Brand

Kenapa kita berbisnis? well, karena uang. Fungsi bisnis adalah, making money, artinya juga; kalau "no money" artinya "no business". Itu sudah jelas, kita semua sudah tahu tentunya (almost, for some people).

Apa itu Brand? secara umum adalah "label" yang melekat di diri kita dan karya kita (bisnis, atau produk kita), Label yang baik dan bermutu, akan meningkatkan daya jual kita, yang artinya akan menambah keuntungan kita, so Money follows Brand. Begitu juga dengan good money, misalnya untuk budget advertising yang tinggi, image dari packaging yang bagus, juga akan menambah 'value' dari Brand tersebut, so Brand follows Money.

Kedua hal diatas juga kita sudah tahu, lalu ada apa dengan Brand Vs. Money?

Pada suatu saat, kita nantinya akan dihadapkan pada satu pilihan yang sulit. Yaitu ketika Money, justru datang bila kita sanggup mengorbankan Brand kita....atau justru pada sisi yang lain, bila kita ingin mempertahankan Brand, berarti kita harus berani kehilangan Money. Disini salah satu pilihan tidak ada yang salah, tapi yang jelas, pada saat kita mengambil keputusan mana yang kita menangkan; kita tahu the reason why we are in the business...apakah misalnya Louis Vuitton berkomitmen membuat luggage dengan kualitas tinggi, atau mereka ingin semata-mata mencari uang? Apakah BMW ingin membuat mobil dengan high performance dan good design, dari pada membuat "mobil yang terlaris didunia" i.e. Toyota?


Pada satu saat kita akan dihadapkan untuk satu keputusan yang sulit. Oh btw, *desainrenanda* memilih Brand...I believe the money will follow later...

No comments: