/design/business/personal/ideas/ /desain/arsitektur/ Blog of Raul Renanda www.renanda.com

Saturday, February 25, 2006

Business : A Company of Friends (dealing with Trust)

Baru-baru ini saya mendapat kabar buruk tentang rencana 'partenership' untuk salah satu bisnis saya, dimana saya harus mengambil keputusan yang sulit;
*stick with the purpose of the business - making money, or keep the integrity and brand intact.* kadang kita merasa bahwa Brand follows Money, or Money follows Brand. Namun kenyataannya sering kali kita jumpai, Brand Vs. Money lebih sering. (saya akan jelaskan dalam blog lanjutan mengenai hal ini...).

Yang ingin saya share dalam tulisan ini adalah, ketika kita para entrepeneur mengalami kesulitan mengambil keputusan, salah satu pemecahannya adalah; Company of Friends. Ide ini saya ambil dari Fast Company, dimana saya salah satu anggota dari CoF ini, namun sayang karena keterbatasan lokasi (dimana yang aktif lebih banyak dari USA tentunya) CoF ini nenjadi kurang efektif. Yang saya lakukan adalah membuat CoF kecil, yaitu kumpulan para entrepeneur yang terdiri dari teman-teman saya dimana mereka lebih concern kepada "kesejahteraan" dan "keselamatan" saya dari pada "keuntungan". Mereka lah yang bisa memberikan ide dan solusi tanpa "hidden agenda" dan karena kita saling bertukar informasi internal bisnis, CoF ini tentunya saling menjaga image kita semua. Dan kita saling membutuhkan, karena kalimat "it's lonely at the top" itu benar.

Kembali ke problem Money Vs. Brand, kali ini pilihan saya adalah Brand, karena sifat "money" yang tidak bertuan dan tidak bertuhan. ;-) jangan sampai kita dikontrol oleh "money".

For you my "ex calon partner", people is above the money, and one more thing, right brain rules! it's the people, stupid.

No comments: