/design/business/personal/ideas/ /desain/arsitektur/ Blog of Raul Renanda www.renanda.com

Tuesday, January 24, 2006

Design Process : How to "create" number "5"

(Tulisan ini mengenai pendekatan berpikir untuk berkreasi). Kata "desain" dapat diartikan sebagai kata benda, namun selain itu juga dapat kita artikan sebagai kata kerja, atau dalam bahasa saya, kata "men-desain" juga sama artinya dengan "proses berpikir".

Apabila sulit untuk mencerna kalimat diatas, saya akan mencoba memberi contoh yaitu dengan 'cara membuat angka 5'.

Apabila kita diberi tugas untuk memberikan proses perhitungan yang menghasilkan "angka 5", secara gampang kita akan berpikir 0+5 = 5, atau 2+3 = 5, proses perhitungan tersebut jelas dan mudah akan menghasilkan angka 5. Namun, selain itu juga ada cara lainnya, yaitu 10-5 = 5, juga 7-2 = hasilnya "5" juga.


Tidak berhenti disitu saja, bila kita perhatikan lebih luas lagi, masih banyak cara lainnya untuk menghasilkan "angka 5", seperti 25/5=5, 100/20=5, belum lagi dunia matematika yang sebegitu luasnya dapat menghasilkan angka "5" tersebut (kalkulus???)...

Proses pencarian, atau pendekatan dalam menghasilkan sebuah solusi itulah yang dapat kita kategorikan sebagai "proses desain".

Jadi bila kita coba mengaplikasikan pertanyaan sekitar "cara menghasilkan angka 5" kita dapat melihat dari sisi lainnya, seperti "cara membuat pintu masuk" atau "cara membuat jendela". Terkadang kita cenderung mengikuti pola yang sudah umum, kecuali karena hal-hal yang menuntut kepraktisan, ada baiknya kita berpikir ulang tentang proses kita melakukan sesuatu dengan jalan yang 'tidak umum'...siapa tahu, dalam proses tersebut kita akan menemukan hal-hal yang baru, yang belum terpikirkan sebelumnya....

No comments: