/design/business/personal/ideas/ /desain/arsitektur/ Blog of Raul Renanda www.renanda.com

Monday, January 09, 2006

Apakah "kreatif" itu?




Minggu lalu, anak saya bertanya sehubungan dengan tugas sekolahnya, yang bertujuan mengenal kata-kata baru; yang ditanyakan adalah apa artinya "Kreatif"...
..walau sebenarnya sudah ada "contekan" di buku pelajarannya, saya mencoba lagi memahami arti "kreatif" yang "sesungguhnya", kata "kreatif" disini saya kontekskan pada kalimat "anak/orang itu sangat kreatif"...

Sebenarnya (ehm...) itu kata2 yang sering saya dengar dari orang-orang disekitar saya tentang saya/apa yang saya lakukan...(well this sentence will lead to the point ya...) walaupun pastinya, saya melakukan 1-2 hal tersebut bukan untuk diberi "pujian" seperti itu (apabila julukan 'kreatif' dianggap pujian...). Lalu apa yang sebenarnya yang saya lakukan?

Problem Solving. Atau lebih tepatnya, Problem Solving with/through Unsual way = that's Creative.

Jadi, dari statement diatas artinya:
1. Problem, artinya harus ada masalah dahulu...bagaimana begini, bagaimana begitu...
2. Solving, artinya usaha untuk menyelesaikan masalah tersebut - USAHA...that means "Work.."
3. Unusual Way, yang artinya dengan cara yang tidak umum...well, disini "key"nya..

UNUSUAL.

Kondisi yang "tidak umum" ini lah yang penting, bisa juga dibaca, "kondisi terbatas" kondisi yang "tidak memungkinkan cara yang biasa"...

So, kondisi lah yang membuat seseorang itu, Kreatif, semakin terbatas, semakin Kreatif. Ingat MacGyver? pemecahan masalah dalam kondisi yang terbatas.

So, bila ingin anak anda Kreatif, berilah keterbatasan-keterbatasan tersebut....maka, jangan heran, orang kreatif itu, justru kebanyakan dari orang "kere"... ;-)


No comments: