/design/business/personal/ideas/ /desain/arsitektur/ Blog of Raul Renanda www.renanda.com

Thursday, September 27, 2007

Ketika Desain "sudah keterlaluan"


Don't get me wrong, I 'love' apple computer products. Period.

Namun memang kadang desain harus ada batasnya, that's why kenapa majalah Business 2.0 selalu bikin award yang bernama "Bottom Line Design Award"...

Terlihat di foto, ada Keyboard baru apple, yang diterapkan di Imac, honestly, good looking. Tetapi ketika saya menulis blog ini saja, kesalahan yang saya buat, like hell! typo all the time. Ok selanjutnya saya coba ketik tanpa di 'edit'...here it goes..

Kaybweoard ini terkalua ptips jaridnya gamoang kepakli kita bikin salah, saya cappekbanget koersksi ketikans saya firisin...

amit2. begitu juga dengan mousenya...terlalu ceper, dan scroll, yang segede biji itu, menyebalkan..

Lihat mouse satu lagi? Logitech MX Revolution (shit). Ergonomis, batere bagus, docking ok, scrolling"luar biasa"...tapi...Tidak Ada Middle Button! stupid...very stupid.

Desain seharusnya mempermudah pemakaian, bukan sebaliknya...saya punya banyak cerita tentang desain dalam proyek2 saya, dimana memang kadang, yang keren, bukan berarti yang terbaik...kadang saya memberikan keputusan desain kepada klien namun dengan warning...seperti..

"saya akan bikin desain pintu ini, nanti akan terlihat bagus, tetapi pintu ini agak sulit dibuka (misalnya), bagaimana kira2? kita coba saja model pintu 'baru' ini, apa kita kembali ke model pintu 'biasa' namun fungsional"?

mendesain yang enak dipandang, dan menyelesaikan masalah memang sungguh2 sulit.

Lesson learnt, jangan 'over design'.

No comments: