/design/business/personal/ideas/ /desain/arsitektur/ Blog of Raul Renanda www.renanda.com

Sunday, September 09, 2007

don't expect everyone to get excited....















Foto diatas adalah sebuah bonsai dengan harga jual Rp.300.000.000,- !

Now, let's see...tiga ratus juta 'hanya' untuk bonsai?

Tentu saya perlu menyadari, bahwa yang menjual Bonsai ini juga bukan sembarangan tentunya, dan saya melihat bonsai ini di pameran flora dan fauna. Simply put, yang jual nggak ngebo'ong tentunya (kecuali nekat).

Pikir punya pikir, saya lalu teringat email salah satu arsitek yang baru mencoba untuk 'berdiri sendiri', banyak yang mengeluh terkadang sang calon klien berkomentar bahwa desain yang ia tawarkan tidak seperti diharapkan, atau lebih sering lagi, banyak yang merasa fee yang ditawarkan arsitek "terlalu tinggi".

Mungkin ada hal yang patut dipelajari disini, mungkin saja, sang calon klien juga tidak memahami, 'mengapa saya harus bayar begitu mahal'? dan bisa saja, apa yang sang calon klien lihat dari karya arsitek itu, sama saja dengan saya melihat bonsai ini, alias komentar saya adalah..

"ini bonsai keren juga, tapi well..jangankan 300 juta, 10 juta pun saya gak mau bayar..". tetapi coba bila saya berkata begitu kepada si penjual bonsai, gak heran kalo saya dikeroyok di pameran itu, bisa jadi (pastinya) banyak yang tersinggung, dan saya akan di 'ceramahi' tentang, betapa sulitnya membuat bonsai ini, kelangkaan, lamanya waktu, investasi yang ditanamkan dalam 'menciptakan' bonsai ini...bla..bla..bla...

Intinya, there's always a reason for it.

Ada baiknya, saya berkata kepada diri saya sendiri, well, ini bukan "untuk" saya. Let's find another bonsai then...

No comments: