/design/business/personal/ideas/ /desain/arsitektur/ Blog of Raul Renanda www.renanda.com

Tuesday, September 25, 2007

[bi] fashion show - Gita Pratama















Hari sabtu kemaren saya diundang oleh Gita Pratama untuk menyaksikan fashion show batik [bi] di JHCC jakarta. Walah sungguh susah untuk drag badan saya kesana, puasa dan pagi2 pula, namun karena penasaran saya coba untuk datang juga. Model2 membawakan pakaian yang overall above average, good show.

Tetapi, dari sekian banyak baju yang ditampilkan, saya hanya 'tertarik' dengan 2 baju saja. Lalu saya berpikir kenapa hal ini terjadi? pikir punya pikir hal yang tersulit dari mendesain baju batik adalah: penyatuan 2 komponen 'desain'. Berbeda pada fashion pada umumnya, batik itu sendiri, the print itself, sudah merupakan 'karya seni'. dimana lalu print tersebut di 'kemas' dalam bentuk, 'fashion' itu sendiri. Jadi ada beberapa faktor yang penting disini:
1. Bila bahan OK, desain tidak OK = tidak OK
2. Bila bahan tidak OK, desain OK = tidak OK
3. Bila bahan OK, desain OK = luar biasa.

Dalam pengertian desain disini berarti, mendesain Batik dalam bentuk Fashion, hanya ada 2 kemungkinan, Don't Like It, or REALLY LOVE IT. Susah untuk mendesain yang 'average', atau generally acceptable.

Mendesain batik dalam bentuk fashion mungkin yang terbaik adalah "belajar" dari, Versace.

Now I know kenapa Armani pilih yang senada aja. Effort dari Gita dan teman2nya perlu dipuji....

No comments: