/design/business/personal/ideas/ /desain/arsitektur/ Blog of Raul Renanda www.renanda.com

Wednesday, May 17, 2006

Design : "Sederhana" Minimalis?

Heboh 'desain minimalis' benar-benar luar biasa! Masih teringat oleh saya di awal tahun 90an kita 'setengah mati' meyakinkan orang-orang (baca: calon klien) untuk menggunakan 'style' modern-minimalism yang kadang juga kita dapat masukkan unsur 'tradisional' indonesia/asia kedalamnya, pada waktu itu kebanyakan tergila-gila pada 'modern' ala KPF (arsitek Niaga Tower) dan juga (tentu) Classical. Namun saat ini, sampai majalah/tabloid umum pun sudah (terlalu sering) mengkampanyekan desain 'minimalis' ini. Walau tentunya kalangan 'akademis' agak keberatan dengan istilah minimalis ini, toh ini sudah menjadi 'terminologi' populer di masyarakat.


Konyolnya, kembali kemasa lalu, dahulu kita (desainer, arsitek) tergila-gila akan 'trend' desain ini, sekarang rasanya agak khawatir, karena merasa sudah kebablasan. Anyway, dampak aliran ini juga terlihat positifnya, yaitu mengajak masyarakat akan peduli desain. Tahap ini juga sangat penting, dan kita memang perlu menularkan 'virus desain' ini kepada masyarakat. Apabila 'urusan rambut' saja orang bisa tergila-gila (saya masih bingung ketika melihat tagihan biaya potong rambut saya sampai saat ini...yang anehnya toh masih juga saya potong rambut disitu...) mengapa orang-orang tidak tergila-gila dengan desain lainnya (baca: Hair Style = Hair Design!, so Hairdresser should be a Hair Designer!).

Oh ya, kayaknya sudah ngelantur, mari kembali ke topik diatas, SEDERHANA disini yang saya maksud adalah "restoran rumah makan padang, Sederhana" , nah, desain interior 'minimalis' selain sudah digunakan di restoran bakso JAPOS, sekarang sudah masuk ke restoran Sederhana!, nah, bagaimana dengan anda? kita harus bangga toh, interior rumah dan kantor anda mirip dengan restoran Sederhana? ;-) anyway disitu juga tempat saya makan...

No comments: