/design/business/personal/ideas/ /desain/arsitektur/ Blog of Raul Renanda www.renanda.com

Thursday, May 04, 2006

Business : average vs. special

Nyolong dari tulisan Seth Godin:

"Mass marketing works best when it assumes that everybody in the entire chain is just plain average. Or even a little bit less. Sorry to lower your expectations.

Niche marketing, on the other hand, can thrive if it starts with the assumption that average products by average people for average people is just not your thing. Remember, though, that your sales expectations have to be in line with your niche mantra. Be picky. Make great stuff. Work with amazing people. Just don't expect everyone to love what you do."


Kita ingin sekali untuk menghasilkan karya yang spesial, namun bila sebuah karya tersebut dapat disebut sukses bila mencapai jumlah "pembeli/penggemar" yang banyak, seperti Musik POP, Sinetron, maka justru yang harus dihindarkan adalah membuat karya tersebut terlalu "special" atau khusus, kunci sukses adalah (dan ini yang tersulit) justru antara "special dan umum" atau "ke-special-an yang dapat diterima umum". Inul sukses karena goyangnya justru berada diantara "erotis" dan "pop dance", kurang sedikit saja Inul bergoyang, maka masyarakat tidak tertarik...bila lebih 'gila' lagi, maka masyarakat menjauh...well saat ini saja pun sudah banyak yang menolaknya..kasihan si Inul...

No comments: