/design/business/personal/ideas/ /desain/arsitektur/ Blog of Raul Renanda www.renanda.com

Saturday, March 25, 2006

Business : People Just Don't Care

Orang tidak perduli dengan apa yang kita impikan dan kita lakukan, orang hanya tertarik pada apa yang 'menarik' untuk diri mereka sendiri. Temukan apa yang menarik buat orang itu, dan 'relate' kebutuhan mereka dengan apa yang kita lakukan.

Ada teman saya yang tergila-gila dengan sepak bola, as you read this, anda sekarang tahu bila saya bukanlah penggemar sepak bola (walau ayah saya kiper handal dikampungnya dulu...), teman saya tersebut cerita berapi2 tetang caranya bermain sepak bola, dan dunia persepakbolaan. Walau seperti apapun yang ia lakukan, saya tidak akan tertarik dengan ceritanya, apalagi berbuat sesuatu untuknya yang berhubungan dengan sepak bola. Lalu bila teman saya itu ingin saya tertarik dengan sepak bola bagaimana caranya? salah satu cara yang efektif adalah me-relate dunia persepak bolaan dengan dunia "saya" yaitu, 'design'. Bila ia mendiskusikan dengan saya, desain sepatu bola, atau iklan 'adidas', tentu saya semangat, disitu kita menemukan titik persamaan...dan dari situ, baru dia berbicara tentang karirnya didunia persepakbolaan, dan dari situ saya mulai tertarik dengan ceritanya...

Jadi, bila anda dalam posisi seperti teman saya, misalnya anda web designer, computer programmer, penjual pemadam kebakaran, penjual ansuransi, well bahkan arsitek...think about it when you try to pitch...

No comments: